Radang Usus Besar (Kolitis)

Radang Usus Besar (Kolitis) – Radang usus besar merupakan kondisi gangguan pencernaan yang bias terjadi. radang usus besar juga dikenal dengan istilah medis Kolitis dimana ada peradangan pada usus besar. kondisi seperti ini bisa dialami oleh siapa pun, namun usia lanjut lebih berpotensi untuk menderita radang usus besar dibandingkan usia muda. radang usus termasuk gangguan kesehatan jangka panjang atau kronis, yang bisa kambuh dan menghilang kapan pun, terutama jika tidak menjaga kesehatan organ pencernaan dengan baik. terjadinya radang usus pastinya akan mengganggu proses pencernaan dengan baik maka dari itu tidak baik untuk kesehatan seluruh tubuh juga sebab terhambatnya proses pencernaan. penderita radang usus besar akan sering tidak nyaman dengan rasa sakit yang dirasakan ketika menderita radang usus besar, untuk itu hati hati menjaga kesehatan organ pencernaan agar tidak menyebabkan fungsinya menurun, dan menimbulkan banyak dampak buruk pada seluruh organ tubuh.

Penyebab Radang Usus Besar (Kolitis)

Penyebab utama radang usus besar (Kolitis) belum diketahui dengan pasti sampai dengan saat ini. meskipun begitu ada faktor penyebab radang usus (Kolitis) terjadi juga, untuk itu mengenal beberapa hal yang bisa memicu radang usus besar (Kolitis) perlu dilakukan sehingga bisa mencegahnya sejak dini. untuk itu apabila ingin mengetahui penyebab radang usus besar (Kolitis) bisa seperti dibawah ini :

Radang Usus Besar Gejala

  • Usia

Salah satu faktor risiko terjadinya radang usus besar (Kolitis) dikarenakan usia. siapa pun memang bisa mengalami penyakit radang usus, tetapi untuk orang orang tertentu lebih besar potensinya, dan salah satunya ialah usia sekitar 30 tahun. meskipun begitu, radang usus besar (Kolitis) juga lebih berpotensi pada usia lanjut juga sekitar 50 sampai 60 tahun.

  • Genetik

Radang usus besar (Kolitis) juga bisa dialami karena disebabkan oleh faktor genetik. memiliki faktor genetik seperti ada keluarga yang memiliki penyakit radang usus besar maka potensi untuk menderita penyakit usus besar pun akan lebih tinggi juga. terutama dari orang tua atau pun dari saudara dengan hubungan darah yang dekat.

  • Merokok

Faktor risiko untuk menderita penyakit radang usus besar (Kolitis) bisa dari rokok. kebisaan merokok memang memicu banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh, yang salah satunya pun bisa menyebabkan penderitanya mengalami radang usus besar. untuk kondisi ringannya bisa memicu asam lambung naik juga.

  • Lingkungan

Gangguan pencernaan seperti radang usus besar (Kolitis) juga lebih berpotensi pada orang orang yang hidup di lingkungan yang kurang bersih. lingkungan padat penduduk yang kumuh bisa meningkatkan risiko terjadinya radang usus besar, sebab makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa mengandung bakteri dan tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

  • Efek samping pengobatan

Isotretinoin (amnesteem, claravis, sotret/accutane) adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Sejumlah penelitian menyebut isotretinoin bisa menyebabkan radang usus. Namun hubungan antara keduanya masih terus diteliti.

  • Efek samping obat

Bukan hanya dari pengaruh pengobatan tertentu saja, tetapi risiko radang usus besar (Kolitis) juga bisa terjadi karena disebabkan oleh efek samping obat. efek samping menggunakan obat tertentu seperti obat  ibuprofen, naproxen, diclofenac, atau OAINS yang meningkatkan risiko inflamasi dan peradangan pada pencernaan yang berakhir dengan radang usus besar (Kolitis).

  • Ras tertentu

Penderita terbanyak radang usus besar (Kolitis) dari kalangan Ras kulit putih, maka dari itu faktor ras juga meningkatkan risiko untuk mengalami radang usus besar.

Gejala Radang Usus Besar (Kolitis)

Gejala radang usus besar (Kolitis) biasanya akan muncul di saat kambuhnya saja, maka dari itu berikut beberapa hal yang akan muncul di saat menderita penyakit radang usus besar (Kolitis) :

  • Nyeri atau sakit pada bagian perut. Peradangan yang terjadi dapat memengaruhi pergerakan normal usus, sehingga menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman.
  • Nafsu makan berkurang. Kram dan nyeri perut akan menurunkan nafsu makan seseorang.
  • Penurunan berat badan. Penurunan berat badan bahkan kondisi kekurangan nutrisi dapat dialami pengidap radang usus karena tubuh tidak mampu mencerna dan menyerap nutrisi makanan dengan baik.
  • Penyakit Diare bercampur darah dan bersifat kambuh-kambuhan. Darah dapat muncul pada feses (tinja) dengan warna gelap kehitaman, atau bisa juga tidak kasat mata namun nampak di mikroskop.
  • Merasa mudah lelah.
  • Mengalami mual dan demam.

Pengobatan Radang Usus Besar (Kolitis)

Untuk mengetahui atau memastikan radang usus besar (Kolitis) tidak hanya dengan mengetahui gejala radang usus yang terjadi, tetapi bisa dengan melakukan tes kesehatan. tiga tes kesehatan yang bisa dilakukan untuk memastikan radang usus besar (Kolitis), yaitu dengan tes darah, prosedur endoskopi, dan juga dengan melakukan tes pencitraan. pemeriksaan seperti ini bisa dilakukan di rumah sakit.

Pengobatan radang usus besar (Kolitis) secara medis biasanya dengan menggunakan obat obatan untuk membantu mengurangi gejala radang usus besar dan juga mengatasi peradangan. obat anti inflamasi, obat imunoupresan, obat antibiotik dan jenis obat lainnya akan diberikan dan dianjurkan untuk digunakan secara teratur. akan lebih baik jika mengubah pola makan lebih teratur dan asupan makanan yang sehat. (By:RM)

Radang Usus Besar (Kolitis)

Cara Pemesanan Obat Radang Usus Besar

Kapsul Herbal Radang Usus Besar Untuk Membantu Mengatasi Peradangan Pada Usus Besar, Sebagai Antibiotik, dan Anti-Inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit & Memperbaiki Organ Yang Rusak

Harga Obat Radang Usus Besar 1 botol Isi 80 Kapsul = Rp.115.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Radang Usus Besar, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Radang Usus Besar and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.