Radang Usus Besar Gejala

Radang Usus Besar Gejala – Kolitis atau radang usus besar adalah suatu penyakit menahun dimana usus besar mengalami peradangan dan luka yang menyebabkan diare berdarah, kram perut dan demam. Penyakit radang usus besar hanya dialami oleh mereka yang berusia remaja hingga dewasa 15-30 tahun. Radang usus besar ini terjadi hampir mengani seluruh bagian usus besar sampai dengan rektum.

Radang Usus Besar Gejala

Radang Usus Besar Gejala

Radang usus besar gejala terjadi ditandai suatu serangan yang mendadak dan berat, menyebabkan diare hebat, demam tinggi, sakit perut dan peritonitis (radang selaput perut). Radang Usus Besar Gejala yang lebih sering dirasakan dan cukup menyakitkan adalah ketika penderita merasakan ingin buang air besar, kemudian terjadi kram ringan pada perut bawah dan feses yang berdarah dan berlendir. Umumnya gejala ini disertai pula oleh demam dan kelelahan fisik hingga kekurangan cairan, karena intensitas buang air besar akan lebih sering terjadi sekitar 15-20 kali/hari.

Radang Usus Besar Gejala Feses yang keluar juga tampak encer dan mengandung nanah, darah dan lendir, menurunnya nafsu makan dan berat badan yang semakin berkurang. Hal yang harus kita pahami terlebih dahulu tentang radang usus besar gejala adalah fungsi dari usus besar. Usus besar merupakan suatu organ pencernaan yang mempunyai fungsi untuk menyimpan dan juga mengumpulkan untuk waktu sementara pada sisa pencernaan makanan. Dan setelah nutrisi pada pencernaan diserap oleh susu halus, maka sisa pencernaan kemudian akan masuk usus besar. Dan sisa makanan kemudian akan dicampur oleh lendir dan bakteri pencernaan, kemudian mukosa pada usus besar akan melakukan proses penyerapan air dan elektrolit sehingga akan terbentuk tinja atau feses. Pada lapisan mukosa yang mengalami peradangan maka akan muncul gejala radang usus besar kolitis.

Dan asupan dari oksigen serta nutrisi yang masuk ke dalam usus besar dilakukan oleh pembuluh darah arteri tertentu. Penyakit yang bisa mengganggu asupan dari arteri ini pada akhirnya bisa menjadi salah satu penyebab dari radang usus besar.

Biasanya yang akan dokter lakukan untuk membantu menegakkan diagnosis pada penyakit radang usus besar kolitis adalah dengan mengambil data, dan memulai dari riwayat penyaktinya, riwayat keluarga, serta pemeriksaan fisik yang dilakukan pada bagian perut serta untuk colok dubur, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan penccitraan. Dokter akan memilai untuk melakukan pemeriksaan yang dilakukan dengan cermat karena adanya suatu darah yang ada di dalam feses dan selain karena terjadi pada kolitis juga bsia terjadi pada penyakit kanker usus besar atau kanker kolon. Pemeriksaan lab yang dilakukan adalah pemeriksaan tes darah lengkap, elektrolit, ginjal dan sampai pada feses (feses yang lengkap, kultur feses) serta pemeriksaan pencitraan yang berupa seperti kolonoskopi biopsi, barium enema, dan juga melakukan CT scan.

Terapi yang dilakukan untuk mengobati penyakit radang usus besar adalah :

  1. Pemberian jenis cairan yang adekuat dengan intravena
  2. Transfusi darah jika memang diperlukan.
  3. Melakukan diet cair namun tanpa serat, dan bisa melakukan istirahat pada usus besar karena tidak menghasilkan ampas serta sisa.
  4. Penggunaan jenis nobat-obatan seperti antibiotik, antinyeri, anti peradangan, imnospuresan, dan juga untuk penghenti diare.
  5. Terapi bedah
  6. Dan makanan yang sehat yang bisa membantu untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan untuk membantu meregenerasi sel-sel yang sehat.

Biasanya, pada penyakit radang usus besar gejala ada beberapa kasus yang memerlukan tindakan operasi. Keputusan dari tindakan operasi ini tergantung dari tingkat keparahan penyakit radang usus besar, tergantung dari respon pada terapi konservatif, dan juga tergantung dari penyebabnya. Operasi bisa dilakukan pada jenis iskemik colitis, penyakit Chron atau uga penyakit kolitis ulseratif.

Tahukah Anda untuk penyakit radang usus besar kolitis mempunyai resiko untuk mengalami kanker. Resiko akan mengalami peningkatan setelah kurang lebih 8-10 tahun, dan sumber lainnya mengungkapkan bahwa 7-8 tahun dari awal didiagnosa penderita mengalami serangan radang usus besar bisa mengalami peningkatan pada penyakit kanker. Resiko kanker ini berkaitan dengan lamanya penyakit tersebut. Dan resiko dari penyakit kolitis ulseratif bisa menjadi kanker yang bertambah kuat jika ada faktor keturunan atau riwayat keluargan yang pernah menderita kanker kolon.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati radang usus besar adalah memperhatikan makanan Anda. Terdapat bebera[a jenis makanan dan juga minuman yang bisa membuat radang usus besar gejala menjadi semakin parah. Konsultasikan dengan dokter Anda jenis makanan yang sebaiknya Anda konsusmi dan jenis makanan yang harus Anda hindari. Sebaiknya batasi dalam konsumsi susu dan juga jenis dari produk olahannya. Untuk orang yang normal diet tinggi serat sangat diperukan untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan tubuh.

Radang Usus Besar Gejala

Cara Pemesanan Obat Radang Usus Besar

Kapsul Herbal Radang Usus Besar Untuk Membantu Mengatasi Peradangan Pada Usus Besar, Sebagai Antibiotik, dan Anti-Inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit & Memperbaiki Organ Yang Rusak

Harga Obat Radang Usus Besar 1 botol Isi 80 Kapsul = Rp. 95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Radang Usus Besar, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Radang Usus Besar and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.