Penyebab Radang Usus Besar

Penyebab Radang Usus Besar – Usus adalah organ tubuh yang berbentuk seperti pipa-pipa. Setiap saat usus secara aktif menyerap, mengeluarkan, mengirimkan sinyal, dan memetabolisasi apapun makanan yang masuk dalam usus. Usus berperan sebagai penjaga gawang sistem makanan bagi tubuh kita. Usus membiarkan protein yang tepat untuk masuk ke darah dan membuang protein yang membahayakan tubuh (biasa disebut sebagai protein alergenik atau alergen).

Usus selalu menjadi bagian yang terpapar segala jenis makanan yang kita santap. Bila kita menyantap segala jenis makanan tanpa melakukan kontrol diri, maka usus kita juga akan sangat rentan terkena berbagai macam penyakit yang tidak bisa dipandang rendah begitu saja.

Penyebab Radang Usus Besar

Penyebab Radang Usus Besar

Pada dasarnya penyebab dari penyakit radang usus besar ini adalah kurangnya zat – zat organik di dalam tubuh yang dapat membantu lancarnya fungsi usus besar. Jika radang atau luka hanya terjadi pada lapisan permukaan usus besar, maka disebut sebagai colitis,  jika peradangan terjadi di dubur, maka disebut proctitis. Dan jika peradangan terjadi di usus besar dan dubur, maka disebut sebagai colitis ulserative.

Namun tak hanya itu penyebab radang usus besar juga disertai oleh kesalahan manusia dalam pola makan yang disantap setiap hari. Kebanyakan orang Indonesia menyukai jenis masakan yang berselera pedas, asam dan manis. Mereka yang menyukai makanan selera pedas ini sering kali menyepelekan akibat dari konsumsi makanan pedas. Penderita radang usus besar jika tidak segera diobati dan mengatur pola makan yang baik akan mengakibatkan risiko pada penyakit yang lebih berbahaya dan mengancam fungsi kinerja usus besar yakni kanker usus besar.

Penyebab radang usus besar bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Akibat infeksi virus, bakteri serta parasit.  Infeksi yang terjadi pada penyakt radang usus besar adalah akibat dari konsumsi makanan, minuman atau juga akibat tangan yang kurang bersih. Bakteri dari penyebab penyakit radang usus besar adalah Shigella, E. Coli, salmonella dan juga Campylobacter. Dan selain itu juga amuba merupakan salah satu penyebab radang usus besar. Bakteri ini bisa menimbulkan gejala seperti diare berdarah, demam dan juga dehidrasi. Pada serangan parasit seperti Giardia yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari air mentah dan belum matang saat sedang berenang. Bakteri yang bisa berkembang di dalam usus besar seperti bakteri C. Defficile karena pemakaian zat antibiotik. Radang usus besar ini biasanya disebut dengan istilah kolitis pseudomembranosa, dan paling sering terjadi pada anak-anak. Penggunaan antibiotik yang bisa menimbulkan masalha ini salah satunya adalah amoksisilun dan juga klindamisin. Virus yang bisa menjadi penyebab radang usus besar adalah CMV atau Cytomegalovirus.
  2. Iskemik kolitis (aliran darah yang kurang kuat), yakni misalnya adalah pada kasus atheroskelrosis, volvulus, hernia inkarserata, Henoch-Schönlein purpura (HSP). Dan biasanya untuk kasus seperti ini gejala radang usus yang muncul adalah seperti rasa demam, diare berdarah, anemia, dan juga karena dehidrasi atau akibat syok.
  3. Penyebab radang usus besar akibat reaksi autoimun. Reaksi autoimun ini biasanya sering disebut dengan nama Inflammatoru bowel disease (penyakit pada peradangan usus) yang meiputi dari kolitis ulseratif dan penyakit Chron.
  4. Kolitis mikroskopis. Penyakit satu ini tergolong adalah jenis kolitis kolagenosa dan juga penyakit kolitis limfositik. Dinding dari usus besar yang di dalamnya berisi oleh kolagen dan juga limfosit. Diare merupakan sebagian besar dari air tanpa mengandung darah. Dan penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita yang berusia lanjut. Penyebab yang belum diketahui adalah terjadinya kemungkinan masalah autoimun.
  5. Penyebab radang usus besar akibat dari bahan kimia. Bahan kimia yang sifatnya keras akan merangsang terjadinya usus besar misalnya enema, dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya radang usus besar.
  6. Kolitis yang sering terjadi pada anak-anak adalah kolitis alergi, necrotizing entercolitis.
  7. Kolitis yang sering terjadi adalah karena radiasi pada usus besar.

Gejala radang usus besar yang muncul adalah :

  1. Perut kembung dan terjadinya peningkatan udara pada usus
  2. Pendarahan yang terjadi saat usus mengalami gerakan. Dan hal ini harus dibedakan antara ambeien yang mengalami pendarahan.
  3. Terjadinya tenesmus atau juga nyeri akibat dari peregangan pada pergerakan usus.
  4. Nyeri perut yang bisa membuat gejala semakin berat dan berkurang. Nyeri akan terasa lebih bertambah saat diare berlangsung dan kemudian akan berkurang.
  5. Nyeri bisa berlangsung dengan terus menerus
  6. Badan mengalami demam, menggigil, serta gejala lain yang muncul dan gejala yang muncul tergantung dari penyebab radang usus besar.

Itulah informasi mengenai penyakit radang usus besar dan penyebab radang usus besar, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penyebab Radang Usus Besar

Cara Pemesanan Obat Radang Usus Besar

Kapsul Herbal Radang Usus Besar Untuk Membantu Mengatasi Peradangan Pada Usus Besar, Sebagai Antibiotik, dan Anti-Inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit & Memperbaiki Organ Yang Rusak

Harga Obat Radang Usus Besar 1 botol Isi 80 Kapsul = Rp. 95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Radang Usus Besar, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Radang Usus Besar and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.