Gejala Radang Usus Besar

Gejala Radang Usus Besar – Radang usus besar uleseratif menyebabkan diare yang mengandung darah dan mukus. Penyebab infeksius harus disingkirkan pada awal timbulnya gejala radang usus besar. Episode awal radang usus besar ulseratif dapat bersifat intermitten dan berjangka pendek. Yang lain menderita keluhan yang lebih sistemuk berupa nyeri perut, penurunan berat badan, artritis dan gangguan hati. Manifestasi kulit meliputi eritema nodosum dan pioderma gangrenosum.

Gejala Radang Usus Besar

Gejala Radang Usus Besar

Kolonoskopi dengan biopsi mukosa multipel merupakan pemeriksaan yang tidak terhingga nilanya untuk memastikan penyakit dani menentukan luasnya penyakit. Meskipun pada awalnya penyakit hanya berupa proktosigmoiditis, kira-kira 60% anak selanjutnya akan mengalami keterlibatan kolon yang lebih luas.

Serangan akut proktosigmoiditis diobati denga preparat kortikosteroid topikal, enema, busa atau supositoria. Penyakit yang lebih luas memerlukan kortikosteroif oral atau sistemik di bawah pengawasan yang seksama karena adanya risiko radang usus besar fulminan. Suldasalazin atau obat yang serupa berguna untuk mengobati penyakit dengan gejala ringan dan memperpanjang remisi.

Radang usus besar luas yang sukar disembuhkan mungkin juga merupakan indikasi terapi imunosupresan dengan azatioprin atau siklosporin. Tindakan kolektomi dapat dibenarkan pada keadaan seperti gangguan episode berulang, nutrisi yang buruk, anemia dan adanya efek samping obat. Terdapat pula risiko dispkasi dan neoplasia mukosa yang bersifat kumulatif. Jika kolektomi merupakan indikasi prosedur pilihan adalah proktokolektomi restoratif dengan reservoir ileum. Enteritis regional adalah inflamasi nonspesifik berulang, kronis pada seluruh usus, biasanya ileum terminalis, termasuk mukosa dan muskulatur sekitar dan mengarah kepada pembentukan fisura dalam.

Radang usus besar uleseratif adalah penyakit inflamasi usus karena penyebab yang tidak diketahui, biasanya mengenai lapisan mukos kolon dapat ringan, kronis atau akut. Radang usus besar adalah suatu peradangan akut atau kronis pada kolon yang berdasarkan penyebab dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Gejala Radang Usus Besar

Gejala Radang Usus Besar

  1. Radang usus besar infeksi misalnya shigelosis, radang susu tuberkulosa, radang usus amebik, radang usus pseudomembran, radang usus besar karena virus atau baktei atau parasit lain
  2. Radang usus besar non infeksi misalnya radang usus besar ulseratif, penyakit Chron’s, radang usus besar radiasi, radang usus iskemik, radang usus besar mikroskopik, radang usus besar non spesifik (sample colitis).

Gejala radang usus besar yang muncul adalah pasien yang datang ke dokter akan mengeluhkan gejala seperti demam, nyeri pada perut, diare, berat badan yang mengalami penurunan, mengalami malnutrisi dan juga pendarahan pada anus. Perbedaan dari penyakit radang usus besar Chron dan Kolitis ulseratif adalah tergantung dari gejala radang usus besar yang muncul dan berbeda dari kedua jenis kelompok penyakit ini.

Pasien dengan gejala penyakit Chron maka biasanya akan datang dengan mengeluhkan gejala radang usus besar seperti lubang tembus atau fistula pada anus, dan selain itu akan ditemukan suatu massa pada perut. Dan dilihat dari lokasi yang terkena, maka penyakit radang usus besar kolitis ulseratif biasanya hanya mengenai bagian usus besar saja, sedangkan pada jenis penyakit Chron bisa menyerang kolon dan juga bagian usus halus yang paling utama adalah bagian akhir dari usus halus serta lambung.

Dilihat dari komplikasi gejala radang usus besar yang terjadi, pada penyakit kolitis ulseratif biasanya akan ditemukan terjadinya resiko lebih besar dibandingkan oleh penyakit Chron. Komplikasi yang terjadi adalah suatu bentuk penyempitan umum yang dijumpai pada jenis penyakit Chron sedangkan padajenis gejala radang usus besar kolitis ulseratif tidak ditemukan.

Untuk menegakkan diaganosis, maka bukan hanya gejala radang usus besar klinis yang khas saja yang menjadi salah satu hal yang sulit untuk ditegakkan. Namun gejala radang usus besar kliknis dari penyakit ini seperti nyeri serta terjadinya kejang perut, diare mehanun yang bercampur dengan darah, serta suhu badan yang meningkat, nafsu makan yang berkurang, berat badan yang mengalami penurunan serta kurang darah atau anemia akan menimbulkan suatu masalah darah banyak hilang dengan kronis.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk menunjang diagnosis adalah pemeriksaan radiologi. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang sangat penting dan dianjurkan untuk mengetahui penyakit dan penyebab yang sebenarnya. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan barium enema atau zat kontras yang dimasukkan mealui ubang anus, dan masih merupakan salah satu bentuk pemeriksaan pada kasus penyakit radang usus besarl. Pemeriksaan dengan menggunakan barium enema ini bisa memberikan suatu gambaran yang jelas untuk jenis penyakit kolitis ulseratif dan penyakit Chron.

Pemeriksaan lain yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan endoskopi yang bisa dilakukan melalui teknik biopsi untuk membantu mendapatkan sampel atau contoh yang dari jaringan yang mengalami serangan penyakit, selain itu untuk membantu mengevaluasi dari hispatologi atau pemeriksaan jaringan.

Cara Pemesanan Obat Radang Usus Besar

Kapsul Herbal Radang Usus Besar Untuk Membantu Mengatasi Peradangan Pada Usus Besar, Sebagai Antibiotik, dan Anti-Inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit & Memperbaiki Organ Yang Rusak

Harga Obat Radang Usus Besar 1 botol Isi 80 Kapsul = Rp. 95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Radang Usus Besar, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Radang Usus Besar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.